Agustus 10, 2010

Manajemen Diri di Bulan Suci


Pak W. Edwards Deming telah mempopulerkan teori manajemen plan-do-check-act atau sering dikenal dengan istilah PDCA. Nah, boleh juga neh teori ini kita terapkan dalam kehidupan spiritual kita untuk menngapai derajat taqwa (QS.2:183), menggapai prestasi gemilang di hari kemenangan, mendapatkan ridho dan syurgaNya. Sebab kita makhluk lemah yang tak berdaya jika harus menghadapi siksa kubur dan akherat, na’udzubillah…
Let’s PLAN

1.      Yuk bikin TARGET
mengharap ridho Allah, tapi kita musti tau berapa nilai minimal yang harus kita lewati supaya kita bisa mendapat ridhoNya. Apalagi kita mau bersaing dengan umat Islam sedunia untuk banyak-banyakan beramal shaleh… Nah, yuk kita tetapkan dengan konkret amalan apa saja yang harus bisa kita kerjakan lengkap dengan nilai ato kualitas yang kita patok untuk harus kita capai.
2.      Yuk bikin JADWAL
Setiap orang pasti punya kesibukan masing-masing, aktivitas sekolah, les, kuliah, event-event organisasi, dakwah, kerja, mendidik anak, mengurus rumah, dan lain-lain. Aktivitas yang telah menjadi makanan sehari-hari itu pastilah sangat menyita waktu satu hari kita, padahal di bulan suci yang berlimpah pahala kita musti lebih banyak tilawah, sholat sunnah, sedekah, dan lain-lain deh… jangan lupa gapai targetnya juga yah… Nah untuk memperlancar ibadah biar gak terlalu disibukkan dengan urusan dunia aja, yuk kita susun jadwal kegiatan dari qiyamul lail sampai tarawih …

Ingat rumus: gagal merencanakan = merencanakan kegagalan

Yuk rencanakan sebaik-baiknya, disesuaikan dengan situasi kondisi kita masing-masing.

Let’s DO it well

Tunggu apalagi, sekarang udah tanggal 1 Ramadhan (postingnya telat sih…), ayok jalankan misi kita sebaik-baiknya untuk mencapai target-target tadi, meningkatkan kualitas spiritual diri, meraih prestasi di bulan suci, menggapai kemengan di hari raya fitri, mendapat ridho Ilahi. Go!

CHECK it bro…

Setelah berbuat, kita tafakur sejenak yuk (mungkin setiap sehari, 3 hari, ato paling jelek seminggu deh…) gimana pelaksanaan jadwal harian kita, udah terlaksana ato blim? udah lancar ato ada hambatan? Gimana target kita, udah ada yg tercapai blom? Gimana kualitas ibadah kita, udah khusyu’ ato blom? Gimana akhlak kita, udah lebih baik blom? Dan lain-lainlah… Catat deh apa-apa yang kurang, trus cari solusi untuk perbaiki. Hayoo… mau raih prestasi gemilang di bulan suci ndak?? Ayo benerin yang salah!

ACT

Setelah pikir-pikir alias evaluasi diri, udah tau khan dimana kekurangan kita dan  hambatan-hambatan yang dialami, trus cari ide solusinya…. Trus, saatnya kita beraksi untuk memperbaiki yang masih keliru, menyempurnakan yang belum sempurna, dan melakukan yang belum dilakukan.


Yuk bermujahadah… Evaluasi dan perbaikan terus menerus…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar